5 Perencanaan Keuangan untuk Jangka Panjang - News Update

Breaking

News Update

The latest information and updates from all countries and all that is on earth, I hope this information can help you all and family

MAU BELI INVESTASI

Mau Beli POHON UANG bisa di Panen (ambil uang) sejak tahun ke 4 dst..!

Kliknya disini MAU BELI POHON UANG

Monday, August 31, 2015

5 Perencanaan Keuangan untuk Jangka Panjang


Apakah Anda mulai tertarik menggunakan jasa financial planner untuk membantu merencanakan keuangan? Jika iya, ini langkah pertama Anda menuju masa depan cerah.
Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya memahami terlebih dulu apa itu financial planner. Ia bukanlah seseorang yang menjaga pengeluaran dan pemasukan Anda layaknya seorang bendahara, melainkan seseorang yang mengajak Anda berdiskusi soal keuangan pribadi, dan membantu Anda mewujudkannya. Dengan kata lain, financial planner merupakan teman berdiskusi yang membuka pikiran Anda agar lebih matang memandang masa depan. Dengan rutin berdiskusi dan mengevaluasi kondisi saat ini, langkah keuangan Anda pun kian terarah sesuai dengan impian.
“Anda harus rajin mengevaluasi rencana keuangan, apalagi hidup Anda terus berubah seiring dengan perkembangan waktu. Terutama ketika Anda memutuskan menikah, memiliki anak, hingga memiliki pekerjaan baru,” ujar Sandra Schmidt, Sun Life Advisor Vancouver.
Sandra menambahkan, agar tidak mengalami kebingungan dalam memulai perencanaan keuangan jangka panjang, ada 5 hal yang perlu diperhatikan:
Membeli Rumah

Mengatur pendapatan untuk menabung agar bisa membeli rumah idaman harus dilakukan dengan perencanaan matang, apalagi Anda juga harus menyiapkan diri untuk pengeluaran-pengeluaran tak terduga. Misalnya, membeli furniture dan merenovasi beberapa bagian rumah. Financial planner akan membantu Anda membuat perencanaan realistis sehingga memiliki rumah idaman bukan lagi sekadar impian.
Menikah
Ketika memutuskan menikah, perencanaan keuangan Anda juga akan berubah karena adanya pendapatan dan pengeluaran ganda. Di saat inilah financial planner dibutuhkan. Ia akan membantu Anda dan pasangan menyusun rencana demi rencana menuju rumah tangga yang sehat secara finansial.
Membangun Rumah Tangga
Sama dengan poin sebelumnya, ketika sudah berkeluarga, akan terjadi perubahan rencana khususnya dalam hal keuangan, terutama jika Anda akan atau sudah memiliki anak. Bujet pengeluaran bulanan akan bertambah, mulai dari pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan pokok, sekunder, hingga biaya pendidikan. Karena itulah, Anda perlu berinvestasi agar cash flow berjalan dengan baik. Sebagai seorang teman, financial planner akan mempelajari kondisi finansial keluarga Anda, lalu merekomendasikan bentuk investasi apa yang paling tepat.
Dana Darurat
Terkadang, dari beragam rencana yang sudah disusun, ujian datang menghampiri, mulai dari terkena penyakit, hingga dirumahkan oleh perusahaan. Coba bayangkan jika ujian tersebut datang saat kita tidak siap secarafinancial. Keberadaan financial planner akan sangat membantu Anda untuk mengantisipasi hal tersebut dengan mengusulkan adanya alokasi dana darurat dari jauh-jauh hari. Perencanaan tersebut biasanya berupa rekomendasi asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi pendidikan, dan jenis investasi lain. 
Pensiun
Hidup tenang di hari tua adalah idaman setiap orang. Karena itulah, dana pensiun menjadi salah satu prioritas utama Anda dalam membuat rencana keuangan jangka panjang. Agar nominal yang disisihkan untuk masa pensiun sesuai dengan kemampuan dan strategi yang tepat, maka dibutuhkan saran dari financial planner. Tak perlu lagi pusing menghitung karena semua sudah didiskusikan dengan baik bersamanya. Anda tinggal disiplin mempersiapkan dana tersebut.

No comments:

Post a Comment